Home / Kesehatan / 17 Makanan Sehat yang Bermanfaat Melawan Penyakit

17 Makanan Sehat yang Bermanfaat Melawan Penyakit

Makanan sehat yang bermanfaat melawan penyakit, makanan sehat, antioksidan

Rumahtips – Buah dan sayuran merupakan sumber makanan yang sangat bermanfaat untuk tubuh Anda, namun tahukan Anda sumber makanan lainnya yang jauh lebih tangguh dalam melawan penyakit? Berikut 17 jenis makanan sehat yang bermanfaat melawan penyakit disusun oleh Mary Anne Gragg dari Health.com.

Tauge. Satu mangkok tauge mengandung kurang dari 10 kalori, bebas lemak dan mengandung phytochemical yang dinamakan saponins yang bermanfaat mencegah kanker dan menurunkan kolesterol. Anda dapat menyantapnya dalam keadaan mentah dan segar mencampurnya dalam salad dan hidangan lainnya.

Apel. Apel merupakan buah yang kaya akan pectin, sejenis serat yang telah terbukti meredakan tekanan darah, mengurangi kolesterol, mengurangi resiko terkena kanker payudara dan bahkan mengurangi gejala diabetes.

Alpukat. Cukup setengah alpukat ukuran menengah telah mengandung 4 gram serat dan 15% kebutuhan asam folat harian yang direkomendasikan. Bebas kolesterol dan kaya akan kalium, buah ini juga sangat bagus untuk kesehatan jantung.

Bit. Bit mengandung antioksidan dan terbukti mencegah kanker, penyakit jantung dan peradangan. Kaya akan serat dan vitamin C, bit sangat cocok ditambahkan pada hidangan yang lezat dan penuh nutrisi.

Buah beri. Buah beri dikenal sangat bermanfaat mencegah infeksi saluran urin, namun tahukah Anda buah beri juga bermanfaat meningkatkan kolesterol darah dan membantu pemulihan stroke? Jus beri ternyata juga terbukti membantu pengobatan kanker lebih manjur.

Flaxseed. Flaxseed merupakan sejenis biji-bijian yang banyak dijumpai di Amerika dan Kanada.Tak hanya bermanfaat menurunkan kolesterol daraah dan mengurangi resiko serangan jantung, namun juga kaya akan lignan, sejenis antioksidan yang bermanfaat melawan penyakit dan berbagai jenis kanker, khususnya kanker payudara. Cukup 2 sendok flaxseed telah mengandung 20% kebutuhan serat harian. Flaxseed dapat dihidangkan dengan roti, seral atau dicampur dengan yogurt.

Jeruk. Cukup 1 buah jeruk ukuran menengah terlah memenuhi kebutuhan harian vitamin C Anda yang bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan kanker. Selain itu jeruk juga sumber serat yang bagus, kalium, kalsium, asam folat dan vitamin B.

Pepaya. Anda membutuhkan lebih banyak vitamin C dalam diet Anda? Semangkuk potongan pepaya memenuhi lbih dari 100% kebutuhan vitamin C harian Anda, serta kalium dan asam folat. Buah ini juga merupakan sumber yang baik untuk vitamin A dan E, dua antioksidan yang mencegah serangan jantung dan kanker saluran pencernaan.

Labu.Buah kaya serat ini mengandung beta karoten yang dapat mengurangi resiko kanker paru. Aktifitas antioksidan vitamin ini yang berkombinasi dengan kalium sangat bermanfaat mencegah tekanan darah tinggi.

Quinoa. Quinoa merupakan sejenis bijian bernutrisi yang banyak ditemukan di Amerika Utara. Mengandung asam amino sehingga bagus sebagai sumber protein khususnya bagi vegetarian. Bijian ini juga merupakan sumber magnesium yang bagus yang bermanfaat mengendurkan pembuluh darah dan terbukti mengurangi frekuensi migrain. Selain itu quinoa juga bermanfaat mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan serangan jantung.

Raspberry. Satu setengah mangkuk buah ini mengandung 4 gram serat dan memenuhi lebih dari 25% kebutuhan vitamin C harian. Mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Bayam. Antioksidan yang ditemukan dalam bayam telah terbukti ampuh melawan berbagai jenis kanker, baik kanker rahim, kanker payudara maupun pencernaan. Selain itu, penelitian telah membuktikan bahwa bayam mengurangi penurunan fungsi otak karena penuaan dan melindungi jantung.

Kentang. Sumber karbohidrat ini kaya akan kalium, vitamin C dan vitamin B dan mencegah penyumbatan pembuluh darah.

Kalkun. Seporsi daging kalkun mengandung 50% kebutuhan selenium harian, mineral yang memiliki peran penting dalam fungsi imun tubuh dan antioksidan. Daging kalkun juga mengandung niasin dan vitamin B6 yang penting dalam menghasilkan energi dan pengaturangula darah.

Walnut. Seperempat mangkok walnut memenuhi 90% asam lemak omega 3 harian yang sangat bermanfaat menjaga fungsi kognitif hingga meningkatkan tekanan darah dan kolesterol.

Selada air. Hanya 1 mangkok selada air telah cukup memenuhi hampir 100% kebutuhan vitamin K harian pada wanita yang bermanfaat mencegah pengerasan pembukuh darah dan membantu penguatan tulang.Sayuran ini juga merupakan sumber yang baik untuk vitamin A.

Yogurt.Yogurt mengandung probiotik, sejenis bakteri yang hidup di dalam usus untuk membantu pencernaan, meiningkatkan sistem imun tubuh, menghilangkan bau nafas tak sedap dan bahkan mungkin berperan membuat kita berumur panjang. Semangkok yogurt juga dapat memenuhi 1/3 kebutuhan kalsium harian Anda serta 14 gram protein untuk tubuh.

Konsumsilah sumber makanan sehat diatas agar Anda selalu fit dan semangat menjalani aktifitas sehari-hari. Sebaiknya sediakan jenis-jenis makanan sehat yang bermanfaat melawan penyakit di dapur Anda dan mulailah untuk memiliki kebiasaan hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top