Home / Kesehatan / Tips Sehat / 15 Cara Mengatasi Insomnia dan Penyebabnya

15 Cara Mengatasi Insomnia dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Insomnia

Siang menjadi malam dan sebaliknya. Bagi para penderita insomnia pasti pernah mengalami hal itu. Ya, kebiasaan membalikkan waktu ini sangat tidak baik bagi kesehatan dan sangat mengganggu, terutama bagi pekerja kantoran. Waktu siang hari yang seharusnya dijadikan sebagai saat produktif dikarenakan tidak tidur di malamnya, anda akan kesulitan untuk fokus terhadap pekerjaan. Otak dan tubuh anda meminta haknya untuk beristirahat.

Banyak orang yang kesulitan merubah kebiasaan ini, insomnia terasa  seperti sebuah perangkap yang jika anda masuk kedalamnya maka anda akan kesulitan keluar dari perangkap ini. Untuk itu, sebelum mengetahui cara mengatasi insomnia, ketahui dulu penyebabnya.

Penyebab Insomnia – Insomnia bisa terjadi karena beberapa faktor yaitu faktor psikologis, gaya hidup, lingkungan dan fisik. Empat faktor tersebut lah yang menjadi biang kebiasaan tidak sehat ini. Untuk itu anda perlu memperhatikan dan merubah jika ada dari empat faktor diatas yang tidak sesuai dengan posisinya.

Namun, jika anda telah mengkoreksi semua kegiatan anda dan memperbaikinya tapi tetap terbangun di malam nya. Berikut kami berikan cara mengatasi insomnia yang seharusnya mampu memperbaiki siklus tidur anda.

• Pastikan Anda makan tiga atau  empat jam sebelum tidur sehingga makanan Anda dapat dicerna dengan santai ketika merebahkan tubuh kekasur.

• Cobalah segelas susu hangat dan madu di malam hari. Susu mengandung tryptophan , yang membuat serotonin, zat kimia dalam otak yang membantu Anda tidur .

• Lavender dikenal sebagai obat tidur ringan yang bisa membuat anda tidur. Oleskan minyak lavender di pelipis atau di bantal Anda sebelum tidur.

• Anda juga dapat mencoba untuk mandi dengan bahan aromatik sebelum tidur karena ini akan membantu tubuh untuk rileks saat tidur.

• Hindari tidur di siang hari karena ketika anda bangun mungkin saat itu hari sudah malam dan tubuh anda akan kesulitan untuk tidur.

• Cobalah lakukan latihan relaksasi untuk membantu tidur. Naiklah ke tempat tidur dan bayangkan kaki Anda menjadi berat dan mati rasa. Merasa mereka tenggelam ke dalam kasur. Kemudian lakukan hal yang sama dengan betis Anda hingga kebagian tubuh atas. Biarkan seluruh tubuh Anda terasa berat dan santai. Ketika Anda rileks, Anda akan lebih mudah untuk tidur .

• Jika anda suka berolahraga pada malam hari dikarenakan kesibukkan bekerja pada siangnya. Usahakan untuk memberi jarak  setidaknya empat jam antara olahraga dan waktu tidur.

• Hindari minuman yang mengandung kafein dan alcohol setidaknya empat jam sebelum tidur.

• Tidur sangat penting untuk kesehatan karena tubuh diberikan kesempatan untuk mengumpulkan tenaga kembali setelah seharian bekerja. Buatlah kamar tidur senyaman mungkin saat akan tidur, hindari gadget berada didekat Anda dan jangan lupa untuk mengatur suhu ruangan senyaman mungkin jika anda memiliki AC atau kipas angin.

• Untuk menjaga tubuh tetap sehat, Anda perlu mengikuti pola tidur yang teratur. Cam kan kepada diri anda bahwa malam adalah waktu untuk tidur, bukan pada siang hari bolong.

• Lamanya waktu tidur yang sehat adalah sekitar 8 jam. Dengan tidur selama 8 jam, tubuh akan benar – benar mendapatkan hak nya untuk beristirahat dan sebagai gantinya anda akan terasa sangat fresh ketika bangun.

• Jangan memaksa tubuh untuk tidur karena tidur merupakan kegiatan dimana ketenangan dan rileks sangat dibutuhkan. Jika kesulitan tidur, cobalah mencari kegiatan yang membosankan. Ketika anda sudah merasa bosan, otak akan perlahan – lahan mengistirahatkan dirinya.

• Cara mengatasi Isnsomnia selanjutnya adalah dengan memanjakan diri anda dengan melakukan kegiatan yang rileks seperti membaca buku atau mendengarkan musik yang santai sebelum tidur.

• Kecemasan dan depresi adalah musuh bagi waktu tidur anda. Selesaikan mereka melalui diskusi, konseling dan pemahaman adalah cara yang tepat untuk memperbaiki waktu tidur.

• Konsultasikan dengan dokter jika anda merasa kesulitan untuk tidur, mungkin susahnya anda untuk tidur merupakan gejala dari penyakit fisik seperti tekanan darah tinggi, nyeri, masalah pernapasan atau masalah jantung.

Semoga cara menghilangkan insomnia diatas sudah bisa membuat ada tertidur nyenyak di malam hari. Selain membuat tubuh rileks, tidur yang sehat dapat membuat otak lebih siap untuk menerima sesuatu yang baru. Selamat Mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top