Home / 14 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh, Kulit dan Rambut

14 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh, Kulit dan Rambut

Manfaat Alpukat Bagi KesehatanManfaat Alpukat Bagi Kesehatan – Alpukat adalah buah yang berwarna hijau gelap pada kulitnya dan hijau muda pada bagian isinya. Mereka pada dasarnya termasuk dalam keluarga Lauraceae dan berry. Alpukat dikenal karena bentuk mereka yang unik dan rasa dagingnya yang manis. Berbagai macam alpukat dibudidayakan di seluruh dunia dan dikonsumsi secara berbeda dalam beragam budaya. Buah ini digunakan sebagai jus, milkshake, salad dan lainnya. Mari kita lihat lebih dalam manfaat gizi dan kesehatan dari alpukat.

Gizi Alpukat – Alpukat memiliki banyak kalori sekitar 175 kalori untuk 100 gram nya. Alpukat juga mengandung karbohidrat, serat, lemak : tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda dan lemak jenuh. Juga terdapat Vitamin-A, Vitamin-B, Vitamin-C, Vitamin-K, dan vitamin-E. Selain itu, mineral seperti kalsium, besi, mangan, kalium, natrium, fosfor dan seng juga ada di dalamnya.

Baik Untuk Jantung – Alpukat merupakan sumber asam lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini bermanfaat bagi jantung. Lemak tak jenuh tunggal nya mengandung phytonutrient yang dikenal sebagai beta-sitosterol, yang dapat menurunkan kolesterol LDL dan kadar darah trigliserida. Kadar homosistein juga dapat juga dapat dikontrol karena mengandung Vitamin B6 dan asam folat. Alpukat bahkan memiliki antioksidan yang tinggi dikenal sebagai glutathione. Antioksidan ini membantu dalam menghilangkan akumulasi lemak di dinding arteri sehingga mencegah stroke.
Para peneliti telah menemukan bahwa mengkonsumsi harian alpukat dapat menurunkan kolesterol LDL sebesar 22% dan dapat meningkatkan kolesterol HDL sebesar 11%.

Baik Untuk Pencernaan – Karena serat yang tinggi membuat alpukat bermanfaat bagi pencernaan. Juga menjaga saluran usus bersih dan buang air besar lancar. Kandungan Vitamin-C yang ada di dalamnya, mengaktifkan sekresi cairan pencernaan dan meningkatkan pencernaan. Lemak dalam alpukat membantu dalam merangsang berfungsinya kandung empedu, pankreas dan hati. Mereka juga membantu dalam mengkonversi beta karoten menjadi vitamin-A yang membantu dalam mengembangkan lapisan mukosa yang kuat.

Manfaat Alpukat Untuk Rambut – Alpukat dan minyak alpukat dapat dijadikan sebagai perawatan yang sangat bagus untuk rambut. Terlepas dari gizi nya, alpukat memiliki sifat anti-jamur dan anti-bakteri. Dengan kekayaan lemak alami yang dimiliki sangat baik untuk kulit dan rambut terutama untuk mencegah rambut rontok dan memacu pertumbuhan rambut. Buah ini juga digunakan untuk meningkatkan kondisi rambut yang dijadikan sebagai pelembab. Buah ini membuat rambut mengkilap.

Membantu Kesehatan Otak – Asam lemak omega-3 yang ada dalam alpukat membantu berfungsinya jaringan saraf. Folat dalam buah ini dikenal untuk mencegah penyakit otak seperti Alzheimer. Buah ini bahkan dikenal dapat meningkatkan suplai darah dan oksigen ke otak. Astrosit adalah sel-sel otak yang membawa informasi ke saraf. Sel-sel ini diaktifkan oleh MUFA yang terkandung dalam alpukat.

Menurunkan Diabetes dan Berat Badan – Alpukat mengandung lemak yang baik untuk kesehatan dan tidak berbahaya bagi tubuh. Lemak ini merupakan asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat dimanfaatkan secara efisien oleh tubuh. Buah ini bahkan kaya akan serat. serat ini membuat orang yang mengkonsumsinya merasa kenyang untuk jangka waktu yang lama. Mereka bahkan membantu dalam mengatur kadar gula darah dan mengurangi resistensi insulin.

Mencegah Kanker – Kanker dapat dihambat oleh alpukat karena kaya akan karotenoid dan asam oleat. Karotenoid dan asam oleat ini dapat menghambat kanker payudara. Vitamin-E dalam alpukat dapat memicu proses apoptosis yaitu sel kanker menghancurkan dirinya sendiri. Vitamin ini telah dikenal dapat membantu melawan kanker prostat. Alpukat tinggi akan antioksidan seperti glutathione yang diketahui bermanfaat terhadap kerusakan stres oksidatif dan meningkatkan perbaikan DNA.

Manfaat Alpukat Untuk Kulit – Karena kaya Vitamin A, alpukat dipercaya dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dari tubuh. Minyak buah ini dapat dengan mudah diserap oleh kulit. Ini menembus jauh ke dalam lapisan kulit dan mengembalikan nutrisi. Pada gilirannya, Minyak ini membantu merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan meningkatkan sirkulasi darah kulit.

Manfaat Lainnya :

  • Alpukat mengandung Vitamin-A dan karotenoid leutin yang membantu dalam menjaga kesehatan mata. Katarak dan degenerasi makula dapat dicegah dengan mengkonsumsinya.
  • Kalium, asam oleat dan asam lemak omega-3 merupakan zat yang penting bagi pengidap tekanan darah tinggi.
  • Manfaat kesehatan dari alpukat termasuk sifat anti-inflamasi karena adanya flavonoid dan polifenol.
  • Alpukat dikenal sebagai makanan anti-penuaan. Mereka kaya akan antioksidan dan vitamin-C. Senyawa ini membantu dalam mencegah kerusakan radikal bebas dan mencegah kanker kulit. Pigmentasi dan keriput dapat ditunda oleh buah ini.
  • Wanita hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini dikarenakan tinggi akan asam folat yang baik untuk perkembangan otak dan tubuh janin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top