Home / Tekno / Tekno Tips / 13 Tips Samsung Galaxy S5 Yang Perlu Diketahui

13 Tips Samsung Galaxy S5 Yang Perlu Diketahui

Samsung Galaxy S5Samsung Galaxy S5 adalah ponsel berukuran besar, baik secara fisik maupun kiasan. Dikemas dalam cangkang plastik yang tidak terlihat sangat premium untuk sebuah ponsel yang menggunakan hardware terbaru dari sebuah produsen Android top dunia. Walaupun belum akan mendarat ke indonesia, mari kita ketahui tips Samsung galaxy S5 yang sudah dibahas oleh beberapa media online diluar sana.

Mensortir aplikasi drawer

Pengaturan default untuk aplikasi drawer Galaxy S5 adalah berdasarkan abjad, tapi Anda dapat mengaturnya berdasarkan grup yang Anda suka. Tekan tombol menu dan ubah mode View menjadi Custom. Menu ini akan memudahkan anda dalam membuat folder di aplikasi drawer untuk mengatur aplikasi sesuai keinginan.

Toolbox

Toolbox adalah salah satu fitur yang memberikan pintasan untuk membuka daftar aplikasi yang sudah disesuaikan atau diatur. Fitur ini dapat diaktifkan dan dimatikan dengan tombol yang Anda temukan di bagian atas pemberitahuan. Anda dapat mengkonfigurasi aplikasi dalam pengaturan sistem utama dibawah bawah Suara dan Display.

OK Google

Layar Home TouchWiz yang telah diperbarui memiliki pencarian dengan mendeteksi suara. Anda dapat mengatakan “OK Google” untuk meluncurkan antarmuka suara. Katakan kepada ponsel anda apa yang ingin Anda ingin lakukan seerti melakukan panggilan atau mengirim pesan, atau menanyakannya pertanyaan umum untuk mendapatkan hasil pencarian atau Google Now.

Fingerprint

Fitur fingerprint pada Galaxy S5 bisa dibilang kurang akurat, tapi jangan khawatir, Anda diberikan kesempatan hingga delapan gesekan untuk merekam sidik jari anda. Disarankan untuk tidak hanya menggesekkan jari Anda lurus ke atas dan ke bawah setiap kali merekamnya. Miringkan sedikit dari sisi ke sisi beberapa kali sehingga ponsel dapat menyimpan pola sidik jari anda dari berbagai sisi.

Mode satu tangan

Salah satu masalah memiliki ponsel berukuran besar adalah dalam pengoperasiannya dengan satu tangan. Untuk itu, Samsung juga tidak lupa memberikan kemudahan pada penggunanya, pergi ke pengaturan sistem utama dan temukan “One-handed operation” di bawah Sound dan Display. Setelah diaktifkan, Anda dapat beralih dengan “quick edge gesture” maka layar akan menyusut ke arah pojok kanan bawah untuk memudahkan pengoperasian. Untuk mengembalikan seperti semula, geser dari tepi layar ke arah tengah.

Sensitivitas Layar

Seperti kita ketahui bahwa banyak layar ponsel android hanya bisa mendeteksi sentuhan jari kulit. Namun, ini sepertinya tidak berlaku pada Galaxy S5, dengan mengatur tingkat sensitifitas layar pada sub menu Display, anda bisa menggunakan ponsel ini dengan sarung tangan.

Mode Hemat Daya

Anda tidak perlu takut ketika Anda sedang bepergian jauh dengan Galaxy S5 dan kehabisan baterai. Dengan Ultra power saving mode terbarunya, Galaxy S5 dapat memberi Anda waktu siaga dengan mematikan core CPU, memblock background task, dan mengganti tema layar ke hitam dan putih. Anda dapat beralih menuju Ultra Power Saving Mode pada bar notifikasi.

Wallpaper Home dan Lockscreen

Banyak perangkat Android hanya menggunakan wallpaper layar Home pada layar kunci (Lockscreen), tapi Samsung menawarkan Anda pilihan untuk mengatur ini secara bebas. Periksa Pengaturan untuk item Wallpaper dan kemudian pilih layar Home, layar kunci, atau keduanya dari menu sebelum memilih gambar.

Menonaktifkan aplikasi built-in

Aplikasi built-in merupakan aplikasi bawaan dari pabrikan atau kerjasama antar operator. Aplikasi ini sediakalanya tidak bisa dihapus. Walaupun tidak bisa dihapus, anda masih bisa menonaktifkan kinerjanya. Untuk Samsung galaxy S5, pergi ke Application Manager – Settings – All Apps. Buka info untuk setiap aplikasi yang Anda ingin nonaktifkan lalu ketuk Matikan. Untuk mengaktifkannya, pergi ke Settings – Applications – Application Manager dan cari tab Turned off di paling kanan.

S Finder

Aplikasi ini sebenarnya adalah sebuah aplikasi pencarian universal yang cukup berguna untuk menemukan aplikasi yang diinginkan, janji di kalender, riwayat browsing, bookmark, kontak, pesan, file, pengaturan, dan banyak lagi. Ini adalah cara yang bagus untuk menemukan pengaturan yang tersembunyi di sub-menu saat anda kesulitan menemukannya.

Mengganti mode notifikasi

Fitur di bagian atas bar notifikasi mungkin tidak berisi semua fitur yang Anda inginkan, tapi itu tidak masalah. Untuk menyesuaikan fitur tersebut, buka daftar dengan menekan tombol di sudut kanan atas, kemudian tekan tombol edit. Dari menu ini Anda dapat menyesuaikan fitur yang sering digunakan.

Mode blocking

Jika anda merasa terganggu dengan pesan atau panggilan dari nomor yang tidak anda kenal, sepertinya anda akan merasa beruntung memiliki ponsel ini. Cukup buka Blocking Mode di bawah Personalisasi dalam pengaturan sistem utama, dan plihlah apa jenis pemberitahuan yang ingin Anda blok seperti panggilan, alarm, atau semua pemberitahuan. Sekarang Anda tidak akan terganggu selama jam tenang Anda kecuali Anda mendapatkan panggilan dari kontak favorit.

Meonaktifkan My Magazine

Samsung My Magazine pada dasarnya adalah sebuah widget Flipboard yang memakan tempat pada panel layar Home. Jika Anda ingin mematikannya, tekan beberapa saat pada layar Home untuk membuka pengaturan layar Home. Disana anda dapat mencentang My Magazine dari on ke off atau sebaliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top