Home / Kesehatan / Berita Sehat / 11 Khasiat dan Manfaat Anggur Untuk Kesehatan

11 Khasiat dan Manfaat Anggur Untuk Kesehatan

Anggur, grapeAnggur merupakan salah satu buah yang paling enak dan sehat yang memiliki banyak jenis seperti Anggur merah, hitam, dan hijau. Buah ini bisa disantap saat sudah matang, ada juga yang menjadikannya sebagai bahan untuk kue, selai, minuman anggur, kismis ataupun jus.  Selain kelezatannya, ada banyak manfaat anggur yang bisa kita rasakan. Berikut beberapa diantaranya.

Manfaat Anggur Untuk Kesehatan

Nutrisi Anggur – Anggur merupakan buah yang kaya akan karbohidrat, penyuplai energy dan rendah kalori. Untuk setiap 100 gram mengkonsumsi anggur akan didapatkan 70 kalori untuk tubuh. Buah ini juga mengandung gula yakni glukosa dan fruktosa yang menjadikannya sebagai penyuplai energy. Selain itu juga ada serat yang dapat membantu pencernaan, kaya akan Vitamin terutama didominasi oleh Vitamin C, dan mineral.

Baik Untuk Kesehatan Jantung – Anggur dikenal dapat meningkatkan oksida nitrat dalam darah yang membantu mengurangi pembekuan darah dan juga dapat menurunkan proses oksidasi kolesterol jahat.

Pterostilbene dalam buah anggur dapat menurunkan kadar kolesterol. Resveratrol dan quercetin merupakan flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan kuat. Mereka membantu dalam melindungi dinding arteri dari kerusakan. Resveratrol dapat mengurangi aktivitas hormon yang disebut dengan angiotensin yang dapat meningkatkan tekanan darah dengan mencegah melebarnya dinding arteri. Antioksidan ini juga menghambat kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Mencegah Sembelit – Anggur dikenal sebagai buah pencahar karena adanya asam organik dan selulosa. Anggur juga kaya serat yang membantu membersihkan saluran usus. Serat larut yang terdapat dalam buah ini dapat membuat ekskresi sehat.

Mencegah Kanker – Anggur memiliki antioksidan yang tinggi sehingga bisa mencegah kanker. Senyawa Resveratrol dan Proanthocyanidins  yang ada dalam anggur mampu mengurangi metabolisme sel-sel karsinogenik yang merupakan pmicu kanker dan melawan proses oksidasi yang disebabkan oleh radikal bebas.

Penunda Alzheimer – Berbagai penyakit demensia atau kepikunan dapat ditunda dengan mengkonsumsi anggur. Senyawa Resveratrol lah yang membantu dalam menunda proses kerusakan sel otak serta kerusakan yang terjadi akibat radikal bebas. Sehingga aliran darah menuju otak menjadi lebih besar sekitar 200%. Peptida amyloidal-beta yang menjadi salah satu penyebab kepikunan dapat dikurangi pada pasien yang menderita Alzheimer.

Meningkatkan Kesehatan Mata – Antioksidan dalam anggur membantu mengurangi terjadinya penyakit seperti degenerasi makula. Antioksidan ini juga mencegah proses oksidasi dan kebutaan. Katarak juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah ini.

Untuk Kesehatan Kulit – Anggur merupakan sumber Vitamin C dan antioksidan yang dapat membuat kulit lebih sehat. Antioksidan tersebut juga mencegah proses oksidasi dari radikal bebas sehingga mencegah penuaan dan kerutan.

Manfaat Anggur Merah 

• Anti-ageing – Kulit dan biji buah anggur merah mengandung resveratrol yang mengontrol proses penuaan dan menjaga kesehatan kulit.

• Antibakteri – Anggur merah memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang melindungi dari berbagai infeksi juga melawan virus polio dan virus herpes.

• Gangguan Ginjal – Anggur merah berguna untuk menurunkan asam urat dan mengurangi kerja ginjal.

• Untuk Diet –  Anggur merah kaya akan saponin yang ditemukan pada kulit luar. Senyawa ini dapat mencegah obesitas dan penyakit jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top