Home / Gaya Hidup / Sukses / 10 Tips Wawancara Kerja Agar Diterima Bekerja

10 Tips Wawancara Kerja Agar Diterima Bekerja

Selamat! Anda telah berhasil mencapai tahap wawancara dalam proses perekrutan kerja di perusahaan yang anda inginkan. Ini berarti bahwa Anda telah lulus proses penyaringan pelamar, dan resume Anda menarik bagi perusahaan tersebut sehingga anda melangkah ke tahap selanjutnya yaitu wawancara.

10 Tips Wawancara Kerja Agar Diterima Bekerja

Walaupun ini hanya tes wawancara, namun banyak juga yang gagal karenanya meskipun mereka memiliki nilai IQ yang tinggi. Ini bukan masalah seberapa pintar anda dimasa kuliah, ini adalah penilaian tentang kepribadian anda, apakah mampu anda bekerja dalam perusahaan tersebut dengan tekanan dan tim yang berbeda.

Untuk itu bagi anda yang ragu-ragu dalam melakukan tes wawancara ini. Berikut 10 tips wawancara kerja agar diterima bekerja.

1. Persiapan adalah kunci dasar. Lakukan penelitian yang berhubungan dengan perusahaan yang ditargetkan saat ini. Jangan sungkan untuk bertanya pada mereka yang pernah gagal atau yang telah menjadi karyawan di perusahaan itu agar anda mendapat gambaran apa yang akan ditanya dalam tes itu.

2. Berpakaian profesional. Buatlah kesan pertama yang baik karena ini adalah penilaian pertama yang tanpa anda sadari dan tidak ada dalam pertanyaan yang akan ditanyakan. Pakailah pakaian yang ormal, elegan, dan terlihat professional.

3. Tetap Positif. Wawancara bukan tempat untuk mengungkapkan ketidaksukaan Anda pada perusahaan dimana anda pernah bekerja sebelumnya atau pengalaman karir negatif lainnya. Ingatlah untuk berkomentar dan memberi tanggapan positif.

4. Percaya diri. Persiapan akan membantu untuk mencegah kecemasan dan kegelisahan. Tiba 30 menit lebih awal agar dapat mengantisipasi pertanyaan yang akan ditanyakan. Ingat, ini adalah waktu Anda untuk mengesankan pewawancara, jadi persiapkan diri dan kepribadian anda dengan percaya diri dan baik.

5. Gunakan kata yang relevan. Gunakan kata-kata yang tepat dalam komentar, pertanyaan, dan tanggapan yang berhubungan dengan perusahaan tersebut. Anda akan diingat jika tips ini, dan juga biarkan pewawancara tahu bahwa Anda berpengalaman.

6. Jeli. Perlu diingat bahwa tes wawancara yang anda lakukan tidak selalu itu berasal dari pewawancara yang sudah dipilih oleh perusahaan itu, terkadang tanpa sadar yang mewaeancarai anda saat ini bisa jadi manajer perusahaan itu. Tetap profesional bahkan ketika Anda berada di lobby, cafe, atau toilet.

7. Ajukan Pertanyaan: Wawancara adalah dialog antara Anda dan pewawancara. Untuk membuat kesan yang baik, Anda harus mengembangkan dan mendokumentasikan pertanyaan yang baik dari waktu ke depan. Contoh: Apakah ada perubahan signifikan bahwa pada perusahaan ini selama setahun terakhir? Bagaimana posisi ini bisa kosong? Apa karakteristik calon sukses untuk posisi ini? Seberapa cepat keputusan dibuat dan semua calon pekerja diberitahu?

8. Tetap Tenang. Buat diri anda ttap tenang selama wawancara. Jika biasanya anda memplintir rambut, mengunyah permen karet atau mengetuk pena ketika Anda gugup, harap menahan diri untuk melakukannya selama wawancara. Sekali lagi, persiapan adalah komponen penting untuk membuat kesan.

9. Sebelum Anda pergi, pastikan untuk meminta kartu nama atau mencatat nama pewawancara. Ini akan membantu ketika Anda mempersiapkan catatan terima kasih. Jadilah murah hati, memperlama jabat tangan erat sebagai rasa hormat, dan (jika Anda ingin posisi itu) biarkan pewawancara tahu bahwa Anda sangat tertarik dengan kesempatan itu dan ingin mendiskusikan posisi lebih lanjut dengannya.

10. Nilai kinerja Anda. Dokumen apa yang harus diperbaiki. Tetap percaya diri, berharap untuk yang terbaik, dan kesempatan yang tepat akan muncul dengan sendirinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top