Home / Gaya Hidup / Sukses / 10 Tips Sukses Menghadapi Psikotes

10 Tips Sukses Menghadapi Psikotes

20140210_092344_psikotestPsikotes merupakan salah satu tahapan yang harus dilewati untuk menjadi seorang karyawan dalam perusahaan. Umumnya psikotes berisi serangkaian tes dan pertanyaan yang berkaitan dengan psikologis seseorang. Oleh sebab itu agar tes berjalan mulus, peserta ujian harus menerapkan tips sukses menghadapi psikotes berikut ini.

1. Istirahat yang cukup. Siapkanlah kondisi fisik Anda sebaik-baiknya menjelang ujian psikotes. Fisik yang prima dan bugar akan sangat membantu fokus Anda dalam mengikuti ujian psikotes. Pastikan tubuh Anda benar-benar sehat pada hari menjelang ujian dan tidurlah yang cukup pada malam sebelum ujian.

2. Hindari begadang. Begadang dan kurang tidur dapat menurunkan daya konsentrasi Anda saat akan menghadapi ujian psikotes. Begadang juga berpengaruh pada kesehatan Anda, apalagi jika Anda harus mengikuti tes kesehatan. Pastikan Anda benar-benar mendapatkan tidur yang berkualitas sekitar 8 jam sehingga Anda benar-benar fit untuk mengikuti psikotes keesokan harinya.

3. Latihan soal. Ada baiknya Anda mencoba berlatih soal psikotes beberapa hari sebelum ujian. Walaupun tidak ada soal yang sama, paling tidak Anda mengerti pola soal yang akan dihadapi dan mengerjakannya secara lebih maksimal. Ada banyak buku-buku dan contoh soal mengenai soal psikotes yang dapat Anda beli di toko buku.

4. Jangan lupa sarapan. Sarapanlah dahulu sebelum berangkat ujian, karena sarapan dapat memberikan energi untuk berkonsentrasi maksimal menghadapi ujian psikotes.

5. Siapkan peralatan ujian. Pastikan semua peralatan Anda untuk ujian telah lengkap, baik nomor ujian, alat tulis dan data-data yang diperlukan. Lakukan pengecekan ulang saat akan berangkat dan berpakaianlah dengan bersih, rapi dan formal.

6. Datanglah lebih awal. Sebaiknya peserta ujian datang 10 menit lebih awal agar dapat menyiapkan segala sesuatunya seperti posisi tempat duduk dan pemberkasan data jika perusahaan meminta konfirmasi data Anda.

7. Berdoa. Berdoalah sebelum mengikuti ujian sesuai dengan agama dan kepercayaan Anda. Sebuah doa yang tulus akan membuat Anda merasa tenang dan percaya diri mengikuti ujian psikotes.

8. Ikuti petunjuk. Setiap kategori soal memiliki petunjuk pengisian yang berbeda, pastikan Anda membaca terlebih dahulu petunjuk soal dan mendengarkan dengan seksama pengarahan dari pengawas ujian. Selain itu Anda juga harus dapat memanfaatkan waktu yang ada dalam menjawab soal ujian.

9. Jangan ragu bertanya. Malu bertanya sesat dijalan, jika ada yang kurang Anda mengerti segera tanyakan pada pengawas tes hingga Anda paham, hindari bertanya pada peserta lain disebelah Anda karena pengawas tes merupakan orang yang paling berwenang memberikan pengarahan dalam ujian psikotes.

10.Percaya diri. Jadilah diri sendiri dan percaya diri menjawab soal-soal yang diberikan agar jawaban yang Anda berikan sesuai dengan kondisi pribadi dan psikologis Anda.

Saat ini psikotes dapat menjadi tolak ukur dan pertimbangan perusahaan dalam merekrut karyawan. Berusahalah maksimal dan optimislah untuk mendapatkan posisi yang Anda idamkan di perusahaan yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top