Home / Tekno / Tekno Tips / 10 Tips Mengamankan Smartphone Android Anda

10 Tips Mengamankan Smartphone Android Anda

10 Tips Mengamankan Smartphone Anda

Sering kehilangan data smartphone atau pribadi yang ada pada smartphone? Seperti yang diketahui smartphone telah memukau banyak orang, dari OS nya yang mudah digunakan hingga ribuan aplikasi (sosial media, game, dan lain lain) pengganti waktu luang anda yang hilang saat beristirahat. Untuk sosial media biasanya banyak pengguna smartphone yang memberikan akses otomatis masuk ke akun sosial media mereka. Oleh karena itu smartphone sudah di cap sebagai portal identitas online.

Yang namanya identitas, password dan hal yang berhubungan dengan kehidupan pribadi biasanya sangat rentan untuk di hacking (online) atau dicuri (offline). Jika Anda tidak berhati-hati, kehilangan smartphone Anda mungkin berarti lebih dari sekedar kehilangan kontak dan nomor telepon. Kita bicara tentang rekening Anda, akun sosial media, data-data, dokumen penting, email, foto dan pesan.

Seluruh informasi Anda dapat dilacak, didownload dan dapat dipergunakan jika Anda tidak cukup berhati-hati. Tidak ada yang lebih baik untuk melindungi data Anda sendiri. Kami berharap tips mengamankan smartphone ini akan sangat membantu anda.

1. Jangan Simpan Semua Sandi

Banyak pengguna cenderung menyimpan password mereka ke layanan online dan situs pada perangkat mereka, memang dapat mepersingkat waktu anda jika tidak menggunakan fitur ini. Tapi, coba pikir apa yang terjadi jika smartphone anda berpindah tangan atau disusupi oleh virus pencuri sandi. Hindari mengisi password penting yang tersimpan dalam perangkat Anda terutama untuk akun yang berhubungan dengan keuangan.

2. Gunakan Keamanan Yang Ada Pada Android

Jika Anda menjalankan OS Jelly Bean, Anda dapat mengunci layar dan mengenkripsi untuk lebih meningkatkan keamanan Anda. Ada banyak jenis kunci layar yang tersedia bagi Anda untuk dipilih seperti password, pin, pola dan wajah, ada dalam pengaturan Android Anda. Bahkan ketika menetapkan pin atau pola kunci, cobalah untuk tidak membuat mudah bagi hacker untuk menebak password Anda.

3. Kunci Aplikasi

Hal ini diperlukan untuk menghindari teman anda yang usil atau kehilangan ponsel pintar yang mencoba menggunakan aplikasi yang menyimpan informasi pribadi. Ini adalah lapisan keamanan kedua untuk mencegah orang untuk menggunakan aplikasi ketika perangkat Anda hilang terutama jika mereka berhasil menjebol pola, pin, atau sandi layar yang terkunci.

Anda dapat menggunakan aplikasi gratis seperti App Lock. Idenya di sini adalah untuk tidak mengunci setiap aplikasi yang ada dalam perangkat Anda, hanya benar-benar yang sarat data seperti aplikasi email atau file manajer.

4. Izin Aplikasi

Sebelum Anda mulai menginstal sebuah aplikasi dari Google Play, daftar izin yang diminta akan muncul untuk menunjukkan izin yang dibutuhkan sebuah aplikasi tersebut. Selalu baca izin tersebut untuk memastikan mereka masuk akal dan sesuai dengan aplikasi tersebut. sebuah aplikasi alarm tidak memerlukan izin untuk mengakses pesan teks Anda. Ini adalah langkah yang sangat penting karena tidak semua aplikasi di Play Store aman. Juga biasakan untuk membaca komentar serta rating dari aplikasi yang akan didownload. Ini akan membantu Anda memahami lebih banyak tentang apa aplikasi itu.

5. Amankan Jaringan

Salah satu hal yang paling penting dalam mengamankan Android Anda adalah mengamankan jaringan Anda. Cobalah untuk menghindari penggunaan WiFi publik setiap kali Anda ingin melakukan sesuatu yang penting seperti melakukan pengecekan saldo. Selama Anda berbagi jaringan yang sama dengan orang lain yang satu jaringan, mereka dapat dengan mudah mengendus jaringan anda dan menerjemahkannya ke dalam data aktual terhadap informasi pribadi Anda yaitu password Anda.

Anda dapat melindungi informasi Anda dengan menggunakan aplikasi seperti Hideninja VPN sehingga koneksi keluar Anda selalu dienkripsi, sehingga sulit bagi siapa pun untuk menerobos data Anda. Jika Anda merasa bahwa perangkat Anda sedang diserang, WiFi Protector dapat menjadi sebagai tameng. Untuk lebih meningkatkan keamanan jaringan Anda, Anda dapat menerapkan pengaturan dari SecDroid tetapi perhatikan bahwa aplikasi ini hanya untuk ponsel yagn sudah diroot.

6. Gunakan Aplikasi Mobile Security

Ini akan membuat pekerjaan Anda lebih mudah saat mencoba menginstal sebuah aplikasi yang terselip virus atau malware dengan Mobile Security. Cari aplikasi Mobile Security yang Anda rasa nyaman untuk digunakan misalnya: Lookout Security & Antivirus dan avast! Mobile Security. Bahkan dengan aplikasi keamanan, Anda tidak boleh membiarkan ‘hansip’ smartphone anda jebil terhadap malware Android yang semakin kuat dan semakin merajalela.

7. Membuat Multiple User Account Untuk Melindungi Privasi

Jika Anda memiliki sebuah tablet Android dan harus berbagi dengan saudara, pasangan, atau anak-anak Anda, memiliki beberapa account pengguna akan membantu masing-masing dari Anda melindungi privasi Anda. Di tablet Jelly Bean, ada pilihan untuk membuat beberapa account pengguna. Anda dapat membuat account umum lain untuk siapa saja yang ingin menggunakan perangkat. Pilihan ini di bawah bagian Settings> Users.

8. Siapkan Cadangan Data

Sebuah cadangan untuk data berharga Anda adalah wajib digunakan pada smartphone. Bayangkan skenario terburuk di mana perangkat Android Anda telah dicuri atau diretas. Hal terakhir yang dapat Anda lakukan adalah melakukan remote wipe. Tanpa cadangan, Anda akan kehilangan semua informasi Anda dalam perangkat Anda.

Bahkan jika Anda bisa menemukan ponsel pintar Anda yang dicuri, kemungkinan hacker telah berhasil mengakses perangkat Anda. Jika Anda memiliki cadangan, Anda masih dapat mengembalikan perangkat Android Anda kembali ke keadaan semula. Anda dapat memilih membuat cadangan untuk informasi penting pada penyimpanan online seperti Cloud, desktop atau bahkan ke flashdisk.

9. Melacak Smartphone Yang Hilang

Jadi Anda sudah memiliki cadangan tapi Anda benar-benar ingin mendapatkan perangkat Anda yang hilang kembali. Jangan khawatir, telepon Anda dibuat untuk menjadi mudah dilacak, melalui GPS. Kuncinya adalah Anda harus mengaktifkan GPS pada ponsel Anda agar bisa dilacak. Ada banyak aplikasi perangkat pelacakan untuk Android yang dapat membantu Anda menemukan perangkat yang hilang atau dicuri, beberapa bahkan dapat mengaktifkan GPS pada ponsel Anda dari jarak jauh.

10. Aktifkan Remote Wipe

Jadi Anda sudah menggunakan aplikasi atau mengubah pengaturan pada ponsel pintar dan siap untuk pergi. Tapi, Anda masih perlu satu fitur terakhir – kemampuan untuk menghapus data perangkat dari jauh. Hal ini diperlukan, terutama bila Anda yakin bahwa Android Anda hilang (selamanya).

Begitulah cara mengamankan smartphone. Perlu diingatkan lagi, mungkin beberapa tips diatas susah atau sepele tapi jika kemanan data pribadi anda lebih penting dari segalanya cobalah untuk menerapkannya dari sekarang. Yang namanya musibah siapa yang dapat mengelak dan mengetahuinya.

Jangan lupa untuk berbagi tips mengamankan smartphone Android diatas dengan orang yang anda sayang, keluarga atau teman sosial media. Jangan lupa untuk memberi komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top