Home / 10 Manfaat Selada Bagi Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Selada Bagi Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Selada Bagi Kesehatan TubuhManfaat Selada bagi kesehatan – Selada merupakan sayuran berdaun hijau yang populer dan banyak digunakan, terutama dalam salad dan sebagai hiasan. Selada adalah bagian dari keluarga asteraceae dan secara luas dikonsumsi dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Selada dapat digunakan dalam menghias sup, sandwich, makanan cepat saji dan sebagai pembungkus makanan. Sayuran ini juga dimakan sebagai lauk bersama daging dan ikan. Selada dapat dimakan mentah, dipanggang, goreng, direbus atau dikukus. Mari kita lihat manfaat gizi dan kesehatan selada.

Gizi Selada – Selada adalah sayuran dengan kalori yang sangat rendah dan makanan bergizi tinggi. Ia menyediakan sekitar 15 kalori untuk setiap 100 gram nya. Sayuran ini mengandung air yang kaya karbohidrat, serat dan protein. Vitamin seperti Vitamin-A, Vitamin-B, Vitamin-C, Vitamin-E dan Vitamin-K juga ada di dalamnya. Kalsium, magnesium, zat besi, kalium dan fosfor adalah beberapa mineral yang ditemukan didalam selada.

Manfaat Selada Untuk Diet – Selada adalah makanan sehat untuk menurunkan berat badan. Sayuran ini hanya berisi beberapa kalori dan sarat dengan gizi. Serat dalam sayuran ini membantu dalam meningkatkan pencernaan dan membuat kenyang. Seratnya juga membantu dalam menghilangkan garam empedu dan mengurangi kolesterol dalam tubuh.

Membantu Pencernaan – Krena kaya akan serat, selada dapat bermanfaat dalam memerangi sembelit dan gangguan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dapat membantu dalam membersihkan saluran usus. Sayuran ini juga kaya akan vitamin-C, yang dikenal sebagai pembersih alami dan membantu dalam menghilangkan racun dari dalam tubuh.

Menguatkan Tulang – Konsumsi selada dapat membantu dalam memperkuat tulang. Karena sayuran ini kaya akan vitamin-K yang membantu dalam produksi osteocalcin, yang merupakan protein tulang yang diperlukan untuk jaringan tulang. Selada juga kaya akan kalsium dan fosfor yang memainkan peran penting dalam meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. Osteoporosis dapat dikurangi dengan mengkonsumsi sayuran ini.

Untuk Kulit – Selada mengandung antioksidan seperti beta-karoten dan vitamin-C. Mereka membantu dalam menjaga kulit agar bersinar dan kencang. Antioksidan melindungi kulit dari radikal bebas berbahaya dan mencegah keriput, yang merupakan tanda-tanda awal penuaan dan pigmentasi. Vitamin-C juga membantu dalam pembentukan kolagen, yang membuat kulit terlihat muda. Kalium yang ada di dalamnya dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Untuk Penderita Diabetes – Selada rendah akan indeks glikemik. Para peneliti telah menemukan bahwa sayuran ini dapat membantu dalam memicu produksi insulin yang membantu dalam mengatur kadar glukosa.

Manfaat Selada Lainnya :

  • Selada sangat berguna untuk para insomnia karena mengandung senyawa yang disebut lectucarium yang membuat pikiran menjadi lebih rileks.
  • Selada mengandung beta-karoten yang bermanfaat untuk mata. Sayuran ini membantu dalam meningkatkan kesehatan retina dan mencegah degenerasi makular terkait usia. Selada juga mengandung asam lemak omega-3 yang meningkatkan kesehatan mata.
  • Selada kaya dengan zat besi yang membantu dalam meningkatkan kadar hemoglobin dalam sel darah merah sehingga dapat mencegah penyakit seperti anemia.
  • Selada juga dapat membantu menetralkan keasaman dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top