Home / 10 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh, Kulit, dan Rambut

10 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh, Kulit, dan Rambut

10 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh, Kulit, dan RambutManfaat Buah Apel Untuk Kesehatan  – Mari kita mulai dengan pepatah lama “Memakan satu apel setiap hari dapat menghindari diri dari dokter”. Apel dikenal sebagai pohon yang mudah dibudidayakan dan merupakan masih satu keluarga dengan mawar. Apel adalah buah yang dianggap oleh banyak orang sebagai makanan yang seimbang. Banyak varietas apel dengan karakteristik berbeda yang ada di seluruh dunia. Mengandung banyak nutrisi dan manfaat kesehatan, apel dikenal memiliki rasa yang khas dan berwarna merah berkilauan. Apel adalah buah yang sehat dan dapat dikonsumsi di pagi hari atau sebagai makanan kecil di malam hari. Berbagai masakan banyak yang menggunakan apel sebagai bahan dasar seperti pie apel, saus apel, jeli, kue, sirup dan selai apel. Mari kita lihat berbagai manfaat gizi dan kesehatan dari buah apel.

Gizi Apel – Apel mengandung banyak nutrisi. Selain itu apel juga rendah kalori, yang hanya memiliki 50 kalori untuk setiap 100 gram nya. Buah ini kaya karbohidrat dan mengandung banyak air, juga merupakan sumber utama vitamin seperti vitamin-A, Vitamin-B, Vitamin-C, Vitamin-E dan Vitamin-K. Ada juga mineral seperti zinc, kalsium, zat besi, kalium dan magnesium.

Mencegah Kanker – Apel dapat menghambat pertumbuhan sel karsinogenik. Buah ini merupakan sumber zat flavonoid yang dikenal dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Polisakarida (pektin dan serat lain) juga ada dalam apel. Zat ini dapat menjadi oligosakarida, yang merupakan pembunuh ampuh terhadap pertumbuhan sel-sel berbahaya. Kanker usus besar dapat diobati secara signifikan dengan penambahan oligosakarida dalam apel. Quercetin dan triterpenoid adalah flavonoid yang memiliki kemampuan melawan kanker paru-paru dan prostat.

Menurunkan Kolesterol – Apel adalah makanan yang sangat sehat bagi orang-orang yang ingin menurunkan kadar kolesterol mereka. Kolesterol LDL jahat dapat diturunkan secara signifikan dengan mengkonsumsi buah ini. Polifenol dalam buah apel bertindak sebagai antioksidan kuat yang membantu dalam menurunkan lemak. Oksidasi lemak dapat memblokir arteri dan menyebabkan stroke jantung. Quercetin pada apel dapat menurunkan kadar protein c-reactive yang merupakan faktor utama untuk peradangan dan juga dapat menyebabkan penyakit arteri kronis.

Menurunkan Diabetes – Mengkonsumsi apel dapat membantu mengatur tingkat gula darah. Buah ini memperlambat proses pencernaan gula karena menghambat alpha-amilase dan alpha-glucosidase yang dikenal memicu disintegrasi karbohidrat. Polifenol juga dikenal untuk menurunkan penyerapan glukosa dalam darah. Produksi insulin juga dipertahankan dan reseptor insulin diaktifkan dengan mengkonsumsi buah ini. Hal ini membantu pankreas untuk bekerja secara efektif yang membantu dalam mengendalikan tingkat glukosa dalam tubuh.

Untuk Pencernaan – Apel memiliki serat tinggi yang membantu dalam membersihkan saluran usus dan mempertahankan gerakan usus dengan efektif. Karena berfungsi sebagai pembersih usus alami, Apel membantu sebagai pemecah partikel makanan. Kehadiran Vitamin-C juga membantu dalam mengaktifkan beberapa cairan pencernaan yang meningkatkan kinerja pencernaan. Diare, sembelit, sindrom iritasi usus dan sakit perut dapat dicegah dengan buah ini.

Manfaat Buah Apel Untuk Rambut – Apel kaya akan polifenol yang juga dapat membantu dalam pengembangan protein untuk meningkatkan kesehatan rambut. Procyanidin B-2 pada apel membantu dalam penguatan dan penebalan rambut. Kepadatan rambut dapat ditingkatkan oleh buah ini. Apel juga dapat membantu mencegah kebotakan. Dianjurkan untuk makan apel mentah karena mengandung jumlah procyanidin B-2 yang lebih besar.

Manfaat Buah Apel Untuk Kulit – Antioksidan dalam apel dapat memberi nutrisi pada kulit. Kerusakan kulit karena radikal bebas dapat dicegah dengan apel sehingga memberikan kulit halus dan sehat. Keriput, tanda penuaan dapat ditunda oleh buah ini. Serat dan Vitamin-C dalam apel juga dianggap dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak dan juga membersihkan racun didalam tubuh.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh – Imunitas dapat ditingkatkan dengan apel. Pektin dalam apel meningkatkan interleukin-4. Interleukin-4 dikenal dapat melawan bakteri dan virus yang dapat menyebabkan alergi dan penyakit. Selain itu, apel mengandung mineral dan vitamin yang membantu dalam meningkatkan pertumbuhan tubuh.

Meningkatkan Fungsi Otak – Neurotransmitter asetilkolin dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi apel. Senyawa ini membantu melawan Alzheimer. Antioksidan yang terkandung dalam apel dapat mengatur ungsi otak. Mereka membantu dalam membatasi kerusakan oksidatif akibat radikal bebas. Penyakit Parkinson juga dapat dicegah dengan apel karena serat yang tinggi dan kandungan antioksidannya.

Menjaga Berat Badan – Apel adalah buah dengan gizi yang seimbang. Buah ini memiliki kalori yang sangat sedikit. Bagi mereka yang sedang menjalankan program diet, mengkonsumsi buah apel dapat menurunkan berat badan karena seratnya yang tinggi – membutuhkan waktu cukup lama untuk dicerna sehingga membuat perut kenyang. Buah ini juga mengandung asam ursolat yang dikenal dapat membakar lemak.

Manfaat Lainnya :

  • Apel dapat mencegah kerusakan gigi dan dapat memutihkan gigi. Buah ini kaya asam malat yang dapat menghapus pembentukan plak dan gigi berlubang. Mengunyah apel juga membantu dalam produksi air liur yang sangat bermanfaat dalam membersihkan mulut.
  • Apel kaya akan zat besi yang dapat membantu dalam meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.
  • Kandungan serat yang tinggi dalam apel dapat mencegah pembentukan batu empedu.
  • Katarak juga dapat diatasi dengan buah ini.
  • Apel juga dapat mengobati asma karena senyawa quercetin yang ada didalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top