Home / Kesehatan / Berita Sehat / 10 Gejala Diabetes Yang Harus Diketahui

10 Gejala Diabetes Yang Harus Diketahui

diabetes
Apa itu diabetes dan gejalanya? Diabetes adalah suatu penyakit berbahaya yang terlalu banyak penumpukan gula didalam aliran darah sebagai akibat dari menurunnya kemampuan tubuh untuk memproduksi insulin. Hal ini terjadi, karena tidak ada atau sedikitnya hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas. Insulin inilah yang mengatur jumlah glukosa memasuki sel-sel tubuh Anda dan memberikan Anda energi yang dibutuhkan setiap hari.

Jika anda memiliki keluarga yang memiliki riwayat terkena penyakit ini, maka anda kemungkinan akan terkena juga. Maka dari itu, kenali terlebih dahulu gejala penyakit diabetes ini agar anda bisa melakukan pencegahan lebih dini dan menyelamatkan keturunan anda kedepannya.

Sering buang air kecil dan rasa haus yang berlebihan

Jika Anda sering buang air kecil di malam hari atau terbangun karenanya, itu bisa menjadi salah satu gejala diabetes. Karena ginjal bekerja menyingkirkan semua glukosa berlebih yang ada di dalam darah, maka saat itulah anda butuh pergi kekamar mandi. Rasa haus berlebihan berarti tubuh Anda sedang mencoba untuk mengisi cairan yang hilang karena sering buang air kecil. Kedua gejala ini merupakan cara tubuh Anda untuk mengelola gula darah yang tinggi.

Penurunan berat badan

Kadar gula darah yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan penurunan berat badan yang cepat hingga 5kg sampai 10kg selama dua atau tiga bulan tapi ini bukan penurunan berat badan yang sehat. Karena hormon insulin tidak mendapatkan glukosa ke dalam sel, yang mana akan digunakan sebagai energi, dan sebagai gantinya tubuh mulai “mengkonsumsi” protein dari otot sebagai sumber energi alternatif.

Kelaparan

Rasa lapar yang teramat sangat dalam jarak waktu yang singkat setelah anda makan sebelumnya merupakan tanda lain dari gejala penyakit diabetes bisa terjadi karena naiknya atau turunnya kadar gula darah. Ketika kadar gula darah menurun, tubuh membutuhkan glukosa yang diperlukan sel untuk bekerja. Untuk mendapatkan glukosa, maka rasa lapar akan disinyalkan oleh tubuh ke otak.

Masalah kulit

Kulit gatal, bisa terjadi karena kulit kering atau sirkulasi udara yang buruk, dan sering menjadi tanda peringatan gejala awal diabetes, seperti kondisi kulit acanthosis nigricans. Gejala dari masalah kulit ini adalah penggelapan kulit di sekitar leher atau area ketiak. Orang yang memiliki gejala ini berarti produksi insulin tidak digunakan secara optimal meskipun gula darah mungkin tidak tinggi.

Lambatnya enyembuhan luka

Infeksi, luka, dan memar yang tidak kunjung sembuh dengan cepat adalah tanda lain penyakit diabetes. Ini biasanya terjadi karena pembuluh darah sedang rusak oleh jumlah glukosa yang berlebihan melewati pembuluh darah dan arteri. Sehingga darah sulit untuk menjangkau daerah-daerah tubuh yang luka.

Infeksi jamur

Jika anda terkena diabetes berarti anda rentan terhadap berbagai infeksi, yang paling umum adalah ragi (candida) dan infeksi jamur lainnya. Jamur dan bakteri berkembang baik dalam tubuh yang mengandung banyak gula.

Kelelahan dan mudah marah

Ketika anda memiliki kadar gula darah tinggi maka anda akan mudah marah dan kelelahan. Bisa jadi ini dikarenakan saat anda terbangun untuk pergi ke kamar mandi beberapa kali dalam semalam.

Kaburnya penglihatan

Kaburnya penglihatan adalah masalah refraksi. Ketika glukosa dalam darah tinggi, dia merubah bentuk lensa dan mata. Kabar baiknya adalah bahwa gejala ini dapa dipulihkan setelah kadar gula darah kembali normal atau mendekati normal. Tapi jika anda tidak pernah memeriksakan gula darah dalam jangka waktu yang lama, glukosa akan menyebabkan kerusakan permanen, bahkan mungkin kebutaan. Dan tidak bisa dipulihkan.

Kesemutan atau mati rasa

Kesemutan dan mati rasa di tangan dan kaki, bersama dengan nyeri terbakar atau bengkak, merupakan tanda-tanda bahwa saraf sedang dirusak oleh diabetes. Jika gejala ini baru anda rasakan, mungkin bisa dipulihkan. Namun, seperti halnya dengan penglihatan jika kadar gula darah yang tidak ditanggualngi sejak dini, neuropati (kerusakan saraf) akan menjadi permanen.

Tes darah

Untuk mengetahui anda terkena diabetes atau tidak, maka harus dilakukan beberapa kali tes darah. Salah satunya adalah tes glukosa puasa, yang memeriksa gula darah Anda setelah delapan jam tidak makan. Jika glukosa darah di atas 126 mg/dL pada dua kali melakukan tes berarti Anda memiliki diabetes. Sementara glukosa normal adalah sekitar 99 mg / dL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top